Ingin Pesta Sweet Seventeen Sukses? Siapkan 10 Hal Penting Ini!

18 Feb 2017

 

Ulang tahun ke 17 atau biasa dikenal dengan sweet seventeen merupakan hari yang spesial bagi banyak remaja putri. Kok remaja putri aja, remaja putra gimana? Sebenarnya sama sih, tapi yang heboh memang kebanyakan remaja putri hahaha. Kan banyak tuh remaja putri yang mengadakan pesta sweet seventeen, kalo remaja putra sepertinya adem ayem aja sih, nggak heboh-heboh banget.

Usia 17 tahun dikatakan sebagai lambang kedewasaan, udah dianggap mandiri dan dewasa, udah bukan anak kecil lagi. Udah bisa bikin KTP dan SIM juga :D Meskipun ukuran kedewasaan sebenarnya nggak bisa ditakar dengan usia, ya.

Tiap bertambahnya usia, nggak cuma usia 17 th aja, dirayakan atau nggak dirayakan, tetap merupakan hari yang spesial buatku. Hari dimana aku patut bersyukur karena masih diberi nafas kehidupan dari Yang Maha Kuasa. Saat sweet seventeen pun waktu itu aku malah nggak mau dipestakan, ngebayangin aja kok ribet banget sepertinya.

Memang, banyak hal yang harus dipersiapkan lho jika ingin mengadakan pesta sweet seventeen, apalagi jika kita mengurus sendiri tidak memakai jasa EO.

 

 Source picture: pixabay.com

 

 

Ingin pesta sweet seventeen sukses? Siapkan 10 hal penting ini!

 

  1. Tentukan siapa saja yang akan diundang

Apakah semua teman sekelas akan diundang ataukah hanya teman-teman dekat saja? Tulis secara rinci nama-namanya, juga nama-nama dari pihak keluarga supaya tidak ada yang terlupa.

 

  1. Tentukan budget

Berapa perkiraan dana yang sudah disiapkan? Besar kecilnya dana akan berpengaruh juga pada tempat diadakannya acara. Jika dana tidak terlalu besar dan jumlah peserta yang hadir nggak terlalu banyak, bisa banget acara diadakan di rumah sendiri aja.

 

  1. Tentukan hari, jam dan tempat acara

Jika ingin sewa tempat, harus direncanakan jauh-jauh hari. Kalo terlalu mepet dengan hari-H takutnya tempat sudah full booked. Apalagi di bulan-bulan yang biasanya rame event, seperti bulan Desember, biasanya ada event Natal & Tahun Baru.

 

  1. Tentukan tema pesta, dress code dan dekorasi ruangan

Mau dikonsep seperti apa pestanya nanti, apa nuansa pastel, hitam putih, Barbie atau hello kitty mungkin? *kalo itu sih pesta buat anak kecil ya :D  Karena sudah tau tema pestanya seperti apa, sekarang bisa menentukan dress code untuk yang diundang, apakah hitam, putih, merah, batik dll. 

Dekorasi ruangan bisa disesuaikan dengan tema yang kita minta. Pesan jasa dekor jauh hari jika kita nggak mau dekor ruangan sendiri. Katakan apa saja point-point yang kita minta pada jasa dekor sehingga nanti bisa sesuai yang kita inginkan.

 

  1. Undangan

Undangan buat sendiri atau pesan? Desain undangannya seperti apa?

Sebar undangan jangan terlalu mepet hari-H. Kalo bisa 2 minggu sebelumnya, sehingga yang diundang pun bisa mempersiapkan. Pasti sedih dong kalo ngasih undangn 2 hari sebelum hari-H, eh ternyata yang diundang sudah punya acara sendiri, keluar kota bersama keluarga misalnya. Undangan yang disebar jauh hari tentu akan membuat yang diundang berkesempatan mengatur waktu jika ada acara lain.

 

  1. Persiapkan baju untuk yang berulang tahun

Baju untuk yang berulang tahun juga harus disiapkan jauh-jauh hari, tentu yang sesuai tema. Apakah model gaun-gaun seperti princess atau model casual saja, tentu kembali lagi ke konsep acara. Sesuaikan juga dengan budget yang ada, baju mau beli atau sewa. Nyari baju pesta cewek memang rada susah ya, banyak modelnya, kalo pria sih lebih gampang, paling cuma beli kemeja formal pria aja, bawahannya celana panjang kain. Udah keren kok!

 

  1. Kue tart

Pesan kue tart jauh-jauh hari juga sesuai budget. Jangan mepet, ntar yang buat kue banyak pesanan dan nggak mau nerima pesanan kita gimana? Kan ribet harus nyari-nyari lagi ke orang lain. Model kue dan warnanya mungkin bisa disesuaikan dengan nuansa warna dekor ruangannya biar lebih klop.

 

  1. Makanan

Biasanya kalo sewa tempat makan, ada paket ulang tahun yang bisa kita pilih. Tentukan menu makanan yang akan disajikan, sesuaikan dengan budget. Jika pesta di rumah sendiri, bisa masak sendiri atau beli jadian jika nggak mau ribet. Sekedar saran sih kalo beli jadian sebaiknya di satu tempat saja, kalo di banyak tempat ntar malah bingung, satunya sudah dikirim, eh yang satu belum.

 

  1. Persiapan acara inti

Nah acaranya nanti apa? Siapkan semua jauh-jauh hari. Buat susunan acara dan perkiraan jam nya mulai dari pembukaan sampai penutup. Semua harus dirinci dengan jelas:

  • Apakah ada yang menyanyi, menari atau ada permainan?
  • Permainannya apa saja?
  • Dekornya siapa yang buat?
  • Siapa MC nya?
  • Siapa yang memimpin doa makan?
  • Siapa yang memberi kata sambutan?
  • Siapa yang bagian dokumentasi acara?
  • Apakah ada hadiah door prize atau hadiah untuk yang menang permainan?

 

     10. Berdoa

Jika semua persiapan sudah dilakukan, kita tinggal menunggu hari–H, berdoalah agar semua bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

 

 

Haduuuh banyak banget yang harus disiapkan ternyata ya? Iya, memang, dan intinya sih buat perencanaan minimal satu bulan sebelum acara. Itu sudah paling mepet. Point 9 itu aja kalo dirinci satu-satu lagi bisa panjang bangeeeet. Persiapannya rempong deh, apalagi jika kita mengurus sendiri. Jika ingin terima beres memang bisa pakai EO, tapi tentu saja harus siap budget untuk EO nya.

Aku sudah mengalami kerempongan menyiapkan pesta sweet seventeen anakku bulan desember lalu. Nggak pakai EO, urus sendiri jadi rada puyeng hahaha.

Yuk ah, silahkan teman-teman yang mau nenambahkan :)

 


TAGS pesta sweet seventeen 10 persiapan pesta sweet seventeen kemeja formal pria sweet seventeen gaun pesta ulang tahun


-

Profil Penulis

Lianny Hendrawati
@lianny
lianny.hendrawati@gmail.com

Wife | Mom of 3 | Blogger | Blue Lovers

Follow Me

Search

Tulisan Terbaru