Film Ira Maya si Anak Tiri

13 Oct 2015

Teman-teman tau nggak dengan Ira Maya Sopha?

Yang umurnya seangkatan denganku pasti tau nih.

Waktu aku kecil dulu, aku suka dengerin lagu-lagunya dan suka melihat film-filmnya. Kalo ditanya, film apa sih yang paling berkesan buatku, pasti aku jawab : Film Ira Maya si Anak Tiri.

Ini yang angkatan muda-muda pasti banyak yang nggak tau ya, film jadul banget. Waktu itu, aku masih SD dan film ini berkesan banget deh buat aku. Kenapa? Karena itu pertama kalinya aku nonton film. Nontonnya bukan di bioskop, di desa mana ada bioskop. Nontonnya pake layar tancep, itu lho layar gede di lapangan terbuka.
Anak kecil diajak nonton film seneng banget pastinya. Makanya aku inget sampe sekarang dan buatku itu berkesan banget.

Film Ira maya sopha si anak tiri ini kutonton sampai 3 kali, 3 hari maen 3 kali nonton. Nontonnya waktu itu malem sekitar jam 7, nonton bareng orang banyak seru juga ya hehehe, sudah nyiapin cemilan dari rumah. Untung bukan film horor yang ditonton, kalo nonton film horror malem2 di lapangan terbuka, ngeriiii ah.

Buat yang belum tahu film jadul Ira Maya si Anak Tiri, ini sedikit sinopsisnya.

 

 

 

 

Ira Maya Si Anak Tiri adalah film Indonesia yang dirilis pada tahun 1979 dengan disutradarai oleh Eduart Pesta Sirait. Film ini dibintangi antara lain oleh Ira Maya Sopha dan Dina Mariana.

 

Sinopsis

Ira (Ira Maya Sopha), putri duda penerbang Pendi (Fadly), sering kesepian karena pekerjaan ayahnya. Hal ini berubah ketika Pendi berjumpa dengan istri kawannya yang sudah janda, Melani (Tuti Kirana). Setelah lewat beberapa waktu, Pendi dan Melani akhirnya menjadi suami istri. Masalah baru timbul. Anak-anak dari Melani tak suka pada Ira. Konflik anak-anak ini akhirnya dapat diselesaikan lewat sebuah sandiwara yang ikut diperani oleh Ira yaitu sebagai Cinderella. Kisahnya mirip dengan peristiwa dalam rumah mereka.

 

Sutradara : Eduart Pesta Sirait
Produser : Robert Samara
Penulis : Eduart Pesta Sirait
Pemeran Utama: Ira Maya Sopha sebagai Ira
Pemeran Pembantu : Fadly sebagai Pendi ( Ayah Ira)
                               Tuty Kirana sebagai Melani
Pemain lainnya : Dina Mariana, Jack John, Ria Irawan, Roldiah Matulessy
Durasi : 105 menit
Genre : Film keluarga, musical
Klasifikasi : 13+

Penata Kamera : Ismaun
Penata Artistik : Bambang Trilaksono
Penata Musik : A. Ryanto
Penata Suara : E. Sambas
Production Companies : PT Romei Samara Bros Film

 

Akting Ira yang bagus di film ini menghantarkannya masuk dalam nominasi pemeran utama wanita terbaik (Piala Citra) di Festival Film Indonesia tahun 1980.

 

 

* Akting Ira Maya dan Fadly *

 

* Senengnya, akhirnya konflik selesai juga *

 

 

Sedikit cuplikan film Ira Maya si Anak Tiri Puteri Sepatu Kaca (1979) dari Youtube yang diupload oleh Sanggar Cerita

 

 

 

 

Film jadul yang sederhana ini sangat berkesan buatku, selain karena ini adalah film pertama yang kutonton, aku belajar banyak hal seperti kesabaran dan kebaikan hati. Pelajaran lainnya adalah kita tidak boleh mem-bully teman dan saudara, bahkan semestinya harus menyayangi dan berlaku baik kepada mereka. Bahwa roda kehidupan selalu berputar, kadang di atas kadang di bawah. Dalam hidup ini banyak hal bisa terjadi, apapun itu tentunya kita wajib bersyukur dan memasrahkan hidup kita sepenuhnya kepada Sang Pemberi Hidup.

 

 

Referensi : http://www.indonesianfilmcenter.com/film/ira-maya-si-anak-tiri.html

 

 

 

Postingan ini diikutsertakan dalam Evrinasp Second Giveaway: What Movie are You?

 


TAGS film jadul film ira maya si anak tiri cinderella puteri sepatu kaca


-

Profil Penulis

Lianny Hendrawati
@lianny
lianny.hendrawati@gmail.com

Wife | Mom of 3 | Blogger | Blue Lovers

Follow Me

Search

Tulisan Terbaru