Lebaran Tahun Ini Sedikit Berbeda

7 Jul 2015

Lebaran sebentar lagi tiba. Seperti tahun-tahun lalu, mudik ke rumah orang tua adalah hal yang biasa kulakukan tiap tahun. Libur lebaran biasanya sekolah anak-anak juga libur, jadi inilah kesempatan bagi anak-anak untuk mengunjungi rumah kakek neneknya di luar kota.

Orang tua suami tinggal di kota yang sama, jadi tiap akhir pekan kami bisa mengunjungi mereka. Sedangkan kedua orangtuaku tinggal di lain kota, kesempatan bertemu hanya saat anak-anak libur sekolah seperti sekarang ini. Libur lebaran adalah waktunya membahagiakan orang tua, dan kebahagiaan orang tua adalah saat kami, anak-anaknya mengunjunginya.

Saat akan mudik ke rumah orang tua, aku biasanya bertanya,” Papa dan Mama ingin oleh-oleh apa?”

Jawaban mereka selalu sama,” Tidak usah bawa oleh apa-apa. Yang penting kamu bisa datang. Papa dan Mama sudah kangen dengan cucu-cucu.”

Ya, bukan uang, kado atau materi apapun yang mereka inginkan, tapi kehadiran kami yang paling penting.

Tak ada hal yang paling membahagiakan bagi orang tuaku selain bisa bertemu anak-anak dan cucu-cucunya. Hanya saat libur Lebaran itulah semua keluarga besar kami bisa berkumpul bersama. Kebersamaan yang sangat dirindukan oleh orang tuaku setiap tahunnya. Karena itulah keluarga besar kami yaitu papa, mama, aku beserta suami dan anak-anak, kakakku laki-laki beserta istri dan anak-anaknya, kakakku perempuan beserta suami dan anaknya, adikku beserta suami dan anak-anaknya, biasanya berkumpul bersama.

Biasanya kami menyempatkan 2 hari khusus untuk pergi ke luar kota, ke daerah Tretes dan menyewa sebuah villa di sana. Sejenak keluar dari rutinitas sehari-hari, menghirup udara pegunungan yang segar membuat badan dan perasaan menjadi jernih dan segar kembali. Duduk santai, memasak bersama, membakar ikan rame-rame saat malam hari sungguh mengasyikkan sekali. Anak-anak juga senang bisa bermain bersama saudara sepupu mereka.

 

 

* Wisata libur lebaran seperti ini, bisa menyejukkan kembali jiwa dan raga kami, waktunya mensyukuri segala apa yang sudah diberikan Tuhan kepada kami *

 

Tahun ini kami sekeluarga besar juga akan berkumpul bersama lagi. Meskipun kurang lengkap rasanya karena tahun ini tak ada lagi kakak perempuanku. Dia sudah berpulang tepat pada hari Idul Fitri setahun lalu. Liburan lebaran tahun ini memang sedikit berbeda.

Itulah yang kulakukan saat libur Lebaran. Tradisi yang tiap tahun kami lakukan dan mungkin juga menjadi harapanku saat aku seperti orang tuaku nanti di usia senja. Jadi selagi aku masih diberi kesempatan, sebisa mungkin aku akan mengunjungi orang tuaku tiap tahun, berbincang dan tertawa bersama. Merangkai momen indah yang akan selalu tersimpan di hati.

 

 


TAGS Blogdetik #NgaBLOGburit2015 NgaBLOGburit 2015


-

Profil Penulis

Lianny Hendrawati
@lianny
lianny.hendrawati@gmail.com

Wife | Mom of 3 | Blogger | Blue Lovers

Follow Me

Search

Tulisan Terbaru