Belajar Hidup Sehat

4 Mar 2015

Hidup sehat, siapa yang tidak menginginkannya. Semua orang pasti menginginkan hidup sehat sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan salah satu penentu kesehatan kita. Tapi banyak godaan sih kalo mau menerapkan pola makan sehat, nggak jauh-jauh amat godaannya, dari keluarga misalnya, sudah niat makan sayur saja, eh diajak makan ayam goreng di luar. Ya nggak jadi deh hidup sehatnya *tutupin kepala, siap-siap ditimbuk sekeranjang buah.

Kalau lingkungan sekitar nggak mendukung, susah juga ya. Masak sayur sendiri, dimakan seorang diri, lama-lama jadi males *nggak boleh ditiru lho.

Aku pernah menjalani pola makan (agak) sehat, saat hamil anakku yang pertama. Saat itu aku takut sekali dengan makanan-makanan yang dikatakan sebagai makanan junk food. Namanya juga hamil anak pertama, jadi kan masih dijaga bener-bener kehamilannya, diperhatikan pola makannya. Waktu itu aku masih tinggal di Surabaya. Aku menghindari makanan yang ada msg nya dan makanan yang asin-asin. Sama sekali tidak berani makan kripik seperti chiki, kripik kentang dan sejenisnya. Aku tidak berani makan ayam goreng yang terkenal itu, juga nggak minum es sama sekali, karena ada yang bilang kalau minum es anaknya di perut tambah besar, nanti susah melahirkannya. Begitu juga makanan pedas, meskipun pengin banget makan pedas tapi aku nggak berani makan sama sekali, kata orang kalo makan pedas anaknya bisa “beleken” itu tuh banyak kotoran matanya. Mungkin itu semua mitos sih, tapi namanya juga ibu muda yang baru pertamakali hamil, khawatir juga kan kalo sampai beneran kejadian.

Aku perbanyak makan sayur dan buah. Roti aku pilih roti tawar gandum. Ikan laut aku makan sesekali, biar anaknya cerdas *katanya seperti itu kan? Buah yang sering kumakan saat hamil dulu adalah buah pisang yang banyak mengandung asam folat dan buah mangga karena mulai bulan Oktober sudah musim, banyak yang jual dan banyak yang memberiku mangga juga. Nasi aku tetep makan, cuma setengah piring saja. Biasanya wanita hamil itu makannya banyak ya, berhubung dokter menyuruhku mengurangi nasi, ya aku nurut saja. Padahal calon bayi nggak besar-besar amat di perut, lahirnya saja cuma 2,8 kg. Mungkin dokter liat berat badanku yang naik banyak. Iya sih sebelum hamil 44 kg pas hamil naik menjadi 56 kilo hihi. Yang kurasakan waktu menerapkan pola makan saat hamil ini, aku merasa kulit dan wajahku menjadi lebih halus dan bersih. Badan lebih segar dan sehat.

Sekarang?

Woah kalau sekarang pola makanku masih amburadul nggak karuan. Usaha yang masih jauh dari hidup sehat, antara lain :

Banyak-banyak minum air putih, nggak minum minuman yang bersoda.

Kalau memasak biasanya cuma pakai garam dan gula saja, non msg.

Memperbanyak makan buah dan sayur.

Jika lapar, berusaha nyemil buah atau sayur.

buah

* Memperbanyak makan buah, dengan dimakan langsung atau dibuat jus *

Ya cuma segitu doang sih, jauh banget dari pola makan sehat yang benar ya. Nasipun tetap makan 3 kali sehari, tapi porsinya dikurangi. Daging masih kumakan, biasanya sih daging ayam. Kalau daging sapi jarang, sebulan kadang cuma dua kali saja. Aku lebih suka makan ikan, tahu dan tempe plus sambel terasi hehehe.

Perasan air hangat jeruk nipis/lemon saat bangun tidur katanya sih bagus untuk kesehatan dan mempunyai banyak manfaat. Aku mengkonsumsinya biasanya jam 10 pagi saat perut kosong, tapi paginya jam 7 sudah makan nasi. Makan siang sekitar jam 1 siang. Yang betul saat bangun tidur, ya? Pengin nyoba sih, cuma masih takut dengan maagku. Tapi katanya maag malah bisa hilang sendiri kalau rutin mengkonsumsinya. Jadi penasaran.

air jeruk nipis hangat

* Pengin nyobain minum perasan air jeruk nipis hangat setelah bangun tidur pagi *

Aku beberapa kali mencoba pagi cuma makan buah saja, kok jadinya laper terus ya. Apalagi aku punya maag, jadi kalau telat makan perut sakit.

Kagum banget sama temen-temen yang bisa menjalankan food combining, yang kadang hanya makan buah ato sayur saja nggak pake nasi, tapi nggak laper, nggak sakit perut malah badan jadi segar dan sehat. Aku masih belum banyak mengerti tentang food combining, harus banyak-banyak baca buku dan menggali informasi lagi nih biar tidak salah kalau mencoba menerapkannya.

buku hidup sehat

* Membaca buku-buku hadiah dari kakakku untuk mendapat lebih banyak informasi menunjang hidup sehat. Kalau ada buku food combining pasti lebih lengkap lagi :) *

Semoga ke depan bisa hidup sehat dengan pola makan sehat.

Postingan ini diikutsertakan untuk memeriahkan Giveaway Syukuran Buku Food Combining

0492e7ca39bb345b7294e0e03978011b_bannergiveaway1food


TAGS food combining pola makan sehat hidup sehat belajar hidup sehat


-

Profil Penulis

Lianny Hendrawati
@lianny
lianny.hendrawati@gmail.com

Wife | Mom of 3 | Blogger | Blue Lovers

Follow Me

Search

Tulisan Terbaru