Sehat dengan Air Minum Layak Konsumsi

2 Jul 2014

Air merupakan sumber kehidupan di bumi kita ini. Semua makhluk hidup, baik manusia maupun hewan dan tumbuhan sangat memerlukan air agar tetap bisa bertahan hidup. Ya, air diperlukan manusia untuk berbagai hal seperti memasak, mandi, mencuci baju dan yang terpenting adalah untuk diminum. Tetapi masih banyak masyarakat yang belum tau tentang air minum yang layak dikonsumsi, padahal pengetahuan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Air dengan rumus kimia H2O merupakan satu molekul air yang tersusun atas dua atom hydrogen (H) yang terikat secara kovalen pada satu atom Oksigen (O). Zat kimia dalam air merupakan suatu pelarut, memiliki kemampuan untuk melarutkan banyak zat kimia lainnya, seperti gula, garam, asam, beberapa jenis gas dan banyak macam molekul organik.

Air yang ada di bumi ini dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu air tanah dan air permukaan.

1. Air tanah adalah air di dalam permukaan tanah, dibagi menjadi 2 yaitu :

a. Air tanah preatis merupakan air tanah yang letaknya di atas lapisan kedap air (lapisan yang tidak dapat ditembus oleh air. Air tanah ini terbentuk akibat membekunya suatu batuan dan tidak jauh dari permukaan tanah.

b. Air tanah artesis merupakan air tanah yang letaknya diantara dua lapisan kedap air dan sangat jauh di dalam tanah.

2. Air permukaan adalah air yang berada di permukaan tanah dan dapat dilihat mata, dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

a. Perairan Darat merupakan jenis air permukaan yang berada di atas daratan, seperti danau, sungai dan rawa-rawa.

b. Perairan Laut merupakan jenis air yang berada di lautan, seperti air yang berada di laut.


syarat-air-minum-layak-konsumsi


Syarat air minum yang layak dikonsumsi di Indonesia berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 492/MENKES/PER/IV/2010 dan sama seperti yang digunakan oleh WHO.

Dalam pasal 1 disebutkan :

Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa melalui proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum.

Dalam pasal 3 disebutkan :

(1) Air minum aman bagi kesehatan apabila memenuhi persyaratan fisika, mikrobiologis, kimiawi dan radioaktif yang dimuat dalam parameter wajib dan tambahan.

(2) Parameter wajib sebagaimana dimaksud pada ayat 1 merupakan persyaratan kualitas air minum yang wajib diikuti dan ditaati oleh seluruh penyelenggara air minum.

I. PARAMETER WAJIB

3c9cbbae4f87854d020d391906d3fa36_air13bff90f28334e9b5d97d8a0452ca727d_air2

097ace16ecf1c87a6441959400d2d1ba_air3424033e068c3988bac2bbb491350a06e_air457c9cc6de34bf25d7cbb29034504338f_air5e0c3e087683918f5e940436465d37d71_air6

Sumber Gambar

Jadi air minum yang layak dikonsumsi wajib memenuhi syarat parameter fisik, biologis, kimia dan radioaktif sebagai berikut:

1. Parameter Fisik :

Tidak berwarna/ jernih

Tidak berbau

Rasa alami

2. Parameter biologis :

Tidak mengandung kuman berbahaya seperti bakteri E Coli dan Coliform

3. Parameter kimia :

  1. TDS < 500. Total dissolved solid atau kandungan mineral yang terlarut di dalam air lebih kecil dari 500. Tubuh kita memerlukan mineral yang berguna bagi tubuh. Namun mineral tersebut tidak boleh melebihi batas yang diatur oleh pemerintah.
  2. pH 6,5-8,5. Kadar keasaman air yang baik adalah antara 6,5 sampai 8,5.
  3. Bebas zat kimia beracun
  4. Tidak mengandung logam berat
  5. Tidak mengandung pestisida

4. Tidak mengandung bahan radioaktif


Sayang sekali, persediaan air di banyak daerah makin lama makin menipis. Kelangkaan air ini berdampak juga pada air yang layak minum. Air tak layak minum pun terpaksa diminum, yang akhirnya malah menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh seperti cacingan, tifus, kolera, disentri dan diare. Sebagian masyarakat juga mulai beralih ke air galon agar memperoleh air layak minum. Tetapi harga air galon yang tiap tahun merangkak naik akhirnya membuat masyarakat harus menyisihkan dana lebih tiap bulannya.

PUREIT - SOLUSI MENDAPATKAN AIR MINUM LAYAK KONSUMSI YANG PRAKTIS DAN EKONOMIS


Unilever dengan inovasi terbarunya menghadirkan water purifier (pemurni air) untuk keluarga Anda dengan teknologi modern dan canggih yang dapat menghasilkan air minum yang terlindungi dari kuman berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit.

PT. Unilever Indonesia Tbk yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 1933, telah tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia selama lebih dari 75 tahun. Posisi Unilever Indonesia yang kuat sebagai pemimpin pasar telah diakui melalui berbagai penghargaan nasional dan internasional yang diterima oleh perusahaan. Dan kini inovasi teknologi pemurni air bebas kuman dihadirkan oleh Unilever yaitu Pureit.

Pureit dari Unilever ini merupakan teknologi pemurni air siap minum tanpa perlu dimasak. Pureit adalah cara mudah, nyaman, praktis dan dengan harga yang terjangkau untuk mendapatkan air minum yang terlindungi dari kuman berbahaya. Pureit menghilangkan virus, bakteri, dan parasit berbahaya serta menghilangkan kotoran di dalam air; sehingga air yang dihasilkan jernih, tidak berbau dengan rasa yang alami.

Dengan teknologi canggih, Pureit layak dipilih sebagai salah satu alternatif untuk menghasilkan air minum yang praktis, higienis dan ekonomis. Inovasi Pureit yang pertama kali diluncurkan adalah Pureit Classic dan sekarang muncul inovasi terbaru dari pureit yaitu Pureit Marvella UV.


PUREIT MARVELLA UV


5ff0f2966be733561fe5399f96310be0_marvella1

Pureit Marvella UV merupakan pemurni air berteknologi UV pertama di Indonesia. Dengan teknologi ultraviolet, Pureit Marvella UV dapat mengubah air kran menjadi air minum. Pureit Marvella sangat cocok untuk konsumen bergaya hidup modern yang sangat mementingkan kepraktisan.


FITUR UNIK PUREIT MARVELLA :


1. Advance Alert System Memberi petunjuk 150 liter sebelum filter GKK habis (estimasi sekitar 15 hari untuk pemakaian 5 orang). Asumsi 2 liter/ orang/ hari.

2. Auto shut off Menghentikan aliran air ketika lampu UV atau komponen penting lain dalam Pureit Marvella tidak berfungsi.

3. Kapasitas Penampungan 4 Liter.

4 liter air minum tersedia dan bisa dimanfaatkan bahkan di saat tidak ada listrik.

4. Perlindungan fluktuasi tegangan listrik Untuk mencegah kerusakan akibat perubahan tegangan yang tiba-tiba.

PUREIT MARVELLA BEKERJA MELALUI 4 TAHAP PEMURNIAN :

c4455f7227d125075915ee7d34e3bf9b_marvella2

  1. Filter Sedimen
    Menghilangkan kotoran yang terlihat
  2. Filter Karbon Aktif
    Menghilangkan parasit, pestisida, klorin, rasa dan bau
  3. Filter Sedimen Plus
    Menghilangkan partikel karbon dan sisa kotoran
  4. Sinar UV Intensitas tinggi
    Menghilangkan kuman, parasit, dan bakteri berbahaya

KEUNGGULAN PUREIT MARVELLA :

1. Terlindungi dari kuman berbahaya Pureit Marvella sudah memenuhi kriteria ketat EPA (Environmental Protection Agency) Amerika Serikat dan juga sudah teruji di Scottish Parasite Diagnostic Laboratory Glasgow Inggris, London School of Hygiene and Tropical Medicine, dan Unilever Laboratory.

2. Pureit Marvella terhubung langsung ke pipa air dengan sistem autofill / pengisian otomatis, sehingga sangat praktis tanpa harus melakukan pengisian ulang.

3. Tidak perlu repot memasak air atau menyediakan air galon terus menerus di rumah.

4. Pureit lebih hemat.



b732f2b3041b49c8009ce822358ac8a3_marvella3

Penghematan per tahun jika memakai Pureit Marvella sebesar Rp 225.000,- sampai Rp 1.750.000,-

Pureit Marvella memiliki filter GKK (Germ Kill Kit/ Perangkat Pembunuh Kuman) yang harus diganti setelah memurnikan 3000 liter air.
Lama waktu penggantian tergantung banyaknya konsumsi air di rumah Anda.

Pureit didukung oleh layanan purna jual :

1. Pemasangan gratis Pureit Marvella akan dipasang oleh teknisi Pureit yang berpengalaman tanpa dikenakan biaya pemasangan. Sebelum dipasang sumber air akan dicek untuk pengecekan dasar.
2. Garansi 1 tahun - Unilever memberikan jaminan garansi 1 tahun untuk kerusakan dari pabrik.
3. Untuk layanan purna jual bisa langsung menghubungi:

a. Suara Konsumen Pureit (pulsa lokal) 500258 (PSTN) atau 500258 (GSM)

b. Email : pureit.indonesia@unilever.com

c. Website : www.pureitwater.com/ID/

Pureit Marvella UV ini dijual seharga 2,5 juta.

ea494a7f4ecb20d886cf4ee89a2d6bf2_pureit-classic



Saat aku dan suami pulang dari supermarket sehabis membeli Pureit, anak-anak langsung mengerumuni kami.

“Ma, ini kan persis seperti yang di tv itu, kan?”

“Iya, betul.”

“Yang airnya agak kuning terus dimasukkan jadi bening?”

“Benar.”

“Jadi sekarang, kita pakai ini ya buat minum? Wah, asyik dong. Mama nggak usah angkat-angkat galon lagi. Juga nggak perlu bingung kalau kehabisan air galon.”

Aku tersenyum.

“Eh tapi apa nggak sakit perut ya kalau minum air kran?”

“Di dalam Pureit sudah ada alat-alat yang bikin air kran jadi air yang aman buat diminum. Nggak bikin sakit perut.”

Anak-anak tertawa mengangguk.

Ya, di awal mungkin ada keraguan muncul, apakah air ini aman diminum. “Kok bisa ya air kran jadi air minum? Tidak apa-apakah minum air yang tidak dimasak?” Tidak usah ragu, Pureit sudah dirancang sedemikian rupa, sudah diuji dan dinyatakan aman dikonsumsi. Aku dan keluargaku sudah membuktikannya sendiri dengan Pureit classic. Kebetulan air kran di tempatku tergolong jernih dan sudah biasa kubuat menanak nasi tiap hari. Air kran langsung kumasukkan ke dalam Pureit dan siap minum. Air yang dihasilkan memang jernih dengan rasa alami. Keponakanku yang umurnya 2,5 tahun juga bisa mengambil air minum sendiri sekarang, karena kuletakkan di tepi meja makan yang gampang dijangkau. Nah, jadi tertarik untuk mencoba Pureit inovasi terbaru yaitu Pureit Marvella di rumahku. Pasti jauh lebih praktis dan ekonomis karena tidak perlu pengisian ulang. Aku juga suka sekali desain Pureit Marvella, apalagi ada warna birunya, warna favoritku. Dulu, saat membeli Pureit Classic, stock yang warna biru sedang kosong.

Aku berhemat banyak lho selama ini.

Dalam rumahku yang jumlah anggota 9 orang ( 4 dewasa dan 5 anak) dalam 1 minggu kurang lebih menghabiskan 5 galon air. 1 galon air biasa kubeli dengan harga Rp. 12.500,-

Seminggu : 5 galon X 12.500 = 62.500

1 bulan =4 x 62.500 = 250.000

1 tahun = 12 x 250000 = 3.000.000

Saat pakai Pureit

Beli : 1 buah Pureit 550.000 + germkill kit 150.000 = 700.000

Ganti 3 kali germkill kit setahun *Konsumsi air minum tergolong banyak nih di rumah, lha jumlah orangnya juga banyak sih hahaha. –> 700.000 + 450.000 = 1.150.000

Maka : 3.000.000 - 1.150.000 = 1.850.000

Ternyata masih lebih hemat Rp.1.850.000,-


32608f38b228a8a0d2f689ca98d532e5_pureit-marvella-uv

* Wow, Marvella UV ini sudah nangkring di supermarket tempat aku biasa belanja*

Air minum banyak manfaatnya bagi tubuh kita antara lain : sebagai pengganti ion tubuh, menjaga keseimbangan tubuh, merawat kulit, memelihara kesehatan ginjal, meningkatkan kesuburan, menciptakan efek relaksasi, memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan kesehatan jantung. Karena itulah, sekarang saatnya beralih ke air minum yang layak konsumsi demi kesehatan kita. Kesehatan adalah hal yang utama, janganlah meminum air yang tak layak konsumsi agar kita terhindar dari berbagai penyakit. Air yang jernih belum tentu layak minum, karena banyak bakteri kasat mata yang tak bisa kita lihat. Yuk, hidup sehat dengan air minum layak konsumsi mulai sekarang.

f50088ce839f43a5916bb1292a223c4d_pureit-marvella

Teman, hidup ini sangat berharga

Mari hidup sehat dengan air minum layak konsumsi

* Postingan ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diadakan oleh Blogdetik dan Pureit *


Sumber referensi :

http://pppl.depkes.go.id/_asset/_regulasi/53_Permenkes%20492.pdf

http://lombablogpureit.blogdetik.com/tentang-pureit/

http://id.wikipedia.org/




TAGS air minum layak pemurni air praktis nyaman water purifier pureit syarat air minum layak konsumsi marvella uv


-

Profil Penulis

Lianny Hendrawati
@lianny
lianny.hendrawati@gmail.com

Wife | Mom of 3 | Blogger | Blue Lovers

Follow Me

Search

Tulisan Terbaru